Rabu, 02 September 2015

Penyuluhan Hipertensi di PKM Karimunjawa

Hipertensi merupakan salah satu faktor risiko penting pada penyakit kardiovaskuler dan serebrovaskuler. Seiring dengan peningkatan usia, juga terjadi peningkatan tekanan darah. Lansia umumnya memiliki tekanan darah di atas batas normal 120/80 mmHg dan terus meningkat.
Menjalankan salah satu tugas puskesmas dalam peran promotif dan preventif, puskesmas Karimunjawa menyelenggarakan senam lansia, penyuluhan tentang hipertensi DM dan dislipidemia, serta program tensi gratis dan pembagian obat antihipertensi.


Selama penyuluhan, dokter muda komprehensif mewakili Puskesmas Karimunjawa membagikan pengetahuan mengenai definisi hipertensi, faktor risiko, pencegahan, pengobatan dan berbagai penyakit yang terjadi akibat hipertensi.

Peserta cukup aktif bertanya mengenai berbagai kondisi klinis yang mereka hadapi, hubungannya dengan hipertensi dan berbagai penyakit yang berpotensi menyebabkan hipertensi. Pertanyaan paling umum adalah mengenai pola makan selama menderita hipertensi, yaitu pengurangan asupan garam hingga 6 gr atau maksimal ½ sdt per hari, rajin beraktivitas, mengurangi makanan berlemak dan yang terpenting adalah rutin mengkonsumsi obat antihipertensi dan pengukuran tekanan darah secara rutin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar