Rabu, 02 September 2015

Program UKS Dan UKGS Puskesmas Karimunjawa


Program Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) dan Usaha Kesehatan Gigi Sekolah (UKGS) termasuk upaya promotif dan preventif yang merupakan strategi sangat penting sekali untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat terutama kesehatan anak-anak usia sekolah. Selama ini program UKS dan UKGS belum maksimal dilakukan di setiap sekolah, banyaknya masalah kesehatan pada anak usia sekolah sangat perlu diperhatikan dan mendapatkan dukungan oleh semua pihak yang terkait untuk meningkatkan pelaksanaan program UKS dan UKGS.
                                              Gambar 1.UKS & UKGS di SD 3 Karimunjawa
 
Kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh tim pelaksana UKS dan UKGS Puskesmas Karimunjawa antara lain : penjaringan kesehatan, penyuluhan kesehatan, pengukuran tinggi badan dan berat badan, cuci tangan bersama, sikat gigi bersama.
Rencana program UKS dan UKGS Puskesmas Karimunjawa menargetkan  pencapaian minimal 90% penyuluhan kesehatan dan penjaringan kesehatan pada siswa kelas 1 di seluruh sekolah yang ada di wilayah kerja Puskesmas Karimunjawa yaitu 14 Sekolah Dasar (SD), 3 Sekolah Menengah Pertama (SMP), 2 Sekolah Menengah Atas (SMA).
                                             Gambar 2. UKS & UKGS di SD 1 Nyamuk
                                           Gambar 3. UKS & UKGS di SD 6 Karimunjawa


Dengan adanya Program UKS dan UKGS diharapkan bisa meningkatkan taraf kesehatan umum dan kesehatan gigi anak-anak sekolah dengan mengadakan usaha preventif dan promotif.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar