Selasa, 22 September 2015

KEGIATAN PROLANIS PUSKESMAS KARIMUNJAWA

Kegiatan senam prolanis merupakan suatu program wajib yang dilaksanakan oleh Puskesmas Karimunjawa yang dilaksanakan setiap hari Jumat pagi. Kegiatan ini meliputi senam, penyuluhan kesehatan, serta pemeriksaan kesehatan para lansia di sekitar wilayah kerja Puskesmas Karimunjawa. PROLANIS (Program Pengelolaan Penyakit Kronis) adalah suatu sistem pelayanan kesehatan dan pendekatan proaktif yang dilaksanakan secara terintegrasi yang melibatkan peserta, fasilitas kesehatan dan BPJS kesehatan dalam rangka pemeliharaan kesehatan bagi peserta yang menderita penyakit kronis untuk mencapai kualitas hidup yang optimal dengan biaya pelayanan kesehatan yang efektif dan efisien.


Pada kesempatan kali ini diadakan pelaksanaan senam yang diikuti oleh para pegawai serta staf Puskesmas Karimunjawa serta Lansia di sekitar wilayah kerja Puskesmas Karimunjawa.

Foto bersama peserta prolanis




kegiatan setelah senam dilanjutkan dengan pemberian penyuluhan tentang hipertensi. sembari menunggu antrian untuk mendapatkan pemeriksaan kesehatan, para peserta Prolanis mendengarkan penyuluhan hipertensi yang diberikan oleh dokter kompre FK Undip.

setelah acara penyuluhan, acara selanjutnya adalah pemeriksaan kesehatan lansia, pemeriksaan meliputi pengukuran tekanan darah, pemeriksaan gula darah, pemeriksaan asam urat dan pemeriksaan kolesterol. selain digunakan untuk melakukan pemantauan kesehatan lansia dan penderita penyakit kronis lainnya, kegiatan ini sendiri juga bertujuan untuk meningkatkan peran masyarakat dalam pencegahan komplikasi penyakit kronik dan untuk meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat di dalam wilayah kerja Puskesmas Karimunjawa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar