Kamis, 10 September 2015

Program P2M


Program P2M (Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit Menular dan tidak Menular) termasuk ke dalam basic 5 program pokok Puskesmas yang merupakan program puskesmas untuk mengendalikan dan mencegah penyakit menular dan tidak menular. Tujuan Program P2M adalah menurunkan angka kesakitan, kematian dan kecacatan akibat penyakit menular dan tidak menular

Prioritas program P2M Puskesmas Karimunjawa meliputi :
1.     penyakit yang menular langsung (TB, Malaria, DBD, Kusta, Pnumonia, Diare, HIV/AIDS)
2.     penyakit yang bisa dicegah dengan imunisasi (polio, difteri, campak, pertusis)
3.     penyakit yang tidak menular (hipertensi, jantung, kanker, diabetes mellitus

Sebagai upaya pencegahan penyakit malaria, tim P2M puskesmas Karimunjawa melakukan kegiatan screening malaria di desa Kemujan yang merupakan resiko desa endemis. Karena malaria yang sering terjadi adalah malaria impor atau dari warga yang bekerja di daerah endemis lain. Kegiatan screening ini dilakukan pada pekerja dan keluarga yang bekerja di daerah endemis di luar pulau karimun. Kegiatan ini dilakukan oleh 3 posko, setiap tim terdiri dari 2 orang perawat dan 1 analis. Dengan adanya screening ini diharapkan tidak ada masyarakat yang terkena penyakit malaria agar Puskesmas Karimunjawa bebas dari Malaria. Pemantauan penyakit malaria ini dilakukan setiap tahun setiap kali pekerja mudik ke desa Kemujan.



Selain itu ada pula kegiatan Kunjungan rumah penderita di antaranya penderita TB. Pemegang program TB melakukan kunjungan rumah bersama dengan program Kesling untuk penyelidikan epidemologi. Kunjungan rumah ini dilakuan setiap bulan atau setiap kali ada pasien penderita.



1 komentar:

  1. Mungkin saja penyakit HIV dapat disembuhkan karena saya telah berkali-kali scammed sampai saya bertemu dengan pria hebat ini dukun Dr Akhigbe yang membantu saya pada awalnya saya tidak pernah percaya semua komentar dan posting tentang dia dan saya sangat sakit karena saya telah terinfeksi HIV / AIDS selama dua tahun terakhir, hanya 2 bulan terakhir saya terus membaca kesaksian tentang pria ini bernama Dr Akhigbe mereka mengatakan bahwa pria itu sangat kuat dia telah menyembuhkan berbagai jenis penyakit, saya terus memantau jabatannya beberapa orang tentang pria ini dan saya mengetahui bahwa dia nyata sehingga saya memutuskan untuk memberinya persidangan. Saya menghubunginya untuk meminta bantuan dan dia berkata bahwa dia akan membantu saya mendapatkan kesembuhan yang saya perlukan hanyalah mengirimnya uang ke menyiapkan obat dan setelah itu akan dikirim kepada saya melalui jasa pengiriman kurir DHL yang saya lakukan dengan sangat mengejutkan obat itu dikirimkan kepada saya dia memberi saya petunjuk untuk mengikuti cara meminumnya bahwa setelah tiga minggu saya harus pergi untuk pemeriksaan , setelah minum obat an d ikuti instruksinya setelah tiga minggu saya kembali ke rumah sakit untuk tes lain, pada awalnya saya terkejut ketika dokter mengatakan kepada saya bahwa saya negatif saya meminta dokter untuk memeriksa lagi dan hasilnya masih negatif yang sama yaitu bagaimana saya bebas dari HIV VIRUS karena kaget saya memutuskan untuk datang dan membagikan kesaksian saya sendiri kepada Anda untuk mereka yang berpikir tidak ada obat untuk HIV VIRUS yang akhirnya sembuh dan hubungi Dr Akhigbe melalui email drrealakhigbe@gmail.com dia akan membantu Anda, Anda juga dapat mengirimnya melalui +2348142454860 ia juga sempurna dalam menyembuhkan DIABETIK, HERPES, HIV / AIDS,; ALS, KANKER, MALARIA, BACTERIA DIARRJHEA, MENINGITIS, HEPATITIS A DAN B, ASTHMA, PENYAKIT HATI, CHRON. PENYAKIT. NAUSEA VOMITING ATAU DIARRHEA, PENYAKIT GINJAL ,, SCHIZOPHRENIA, LUPUS, INFEKSI EKSTERNAL, DINGIN UMUM, SENDI BERSAMA, OSTEOPOROSIS, RABIESRHEUMATISM, THYROID, GALLSTONE, COLD & FLU, TUBUH KEMUDI, PELANGGARAN, PELUANG, TUBUH, PELANGGARAN, PELUANG, PELANGGARAN. ECZEMA, PROGERIA, MAKAN GANGGUAN, INFEKSI PERNAPASAN RENDAH. dll percayalah bahwa penyakit mematikan bukan lagi hukuman yang mematikan karena dr akhigbe memiliki obatnya. ayah baptis dari herbal root.email: drrealakhigbe@gmail.com nomor whatsapp. +2349010754824 situs web: https://drrealakhigbe.weebly.com

    BalasHapus