Minggu, 09 Agustus 2015

Pembentukan Desa Siaga Nyamuk oleh Tim DKK Jepara

Kecamatan Karimunjawa terdiri dari 4 Desa, yaitu Desa Karimunjawa, Desa Kemujan, Desa Parang dan Desa Nyamuk. Desa yang terakhir terbentuk adalah Desa Nyamuk, terbentuk tahun 2011. Merupakan pisahan dari Desa Parang. Desa Nyamuk dihuni oleh sekitar 180 KK yang mayoritas mata pencahariannya adalah nelayan. 

Jarak tempuh Desa Nyamuk dari Kecamatan Karimunjawa sekitar 2 jam perjalanan menggunakan kapal kayu. Namun jika cuaca buruk dengan gelombang besar jarak tempuh dapat mencapai 2,5 jam hingga 3 jam perjalanan kapal kayu.


Jauhnya jarak tempuh dari pusat pemerintahan Kecamatan Karimunjawa maupun pusat kesehatan masyarakat, menjadikan Desa Nyamuk harus mampu untuk dapat menangani kegawat daruratan masalah kesehatan dan bencana alam secara mandiri. 

Tim Promosi Kesehatan Dinas Kesehatan Kabupaten Jepara bersama dengan Puskesmas Karimunjawa memfasilitasi pembentukan Desa Siaga Nyamuk, sekaligus melakukan pelatihan bagi Forum Kesehatan Desa (FKD) yang telah terbentuk. Dengan dibentukan Desa Siaga Nyamuk dapat secara mandiri menangani masalah kesehatan dan kegawat daruratan di desanya.

 


FKD yang telah terbentuk mendapatkan pelatihan tentang cara melakukan SMD (Survey Mawas Diri) dan MMD (Musyawarah Masyarakat Desa). SMD yaitu kegiatan pemantauan wilayah desa dengan mengamati masalah kesehatan yang terjadi di desa. MMD merupakan musyawarah hasil dari kegiatan pengamatan masalah kesehatan di desa yang kemudian diprioritaskan dan dilakukan upaya tindak lanjut untuk menangani masalah kesehatan tersebut.


1 komentar: